Trik Memilih Antena TV Indoor yang Tepat

Trik Memilih Antena TV Indoor yang TepatAntena berperan penting dalam penerimaan gelombang elektromagnetik yang dapat menghasilkan hasil suara maupun gambar yang jernih pada televisi atau radio. Jenis antena juga berbeda, khusunya untuk televisi diantaranya antena TV indoor dan outdoor. Tetapi, untuk penggunaan antena tentunya kita harus mengetahui baik buruknya antena tersebut. Artikel kali ini akan membahas beberapa trik memilih antena indoor yang tepat, yaitu:

  1. Jenis Televisi

Pertama, untuk jenis televisi harus disesuaikan dengan antena indoor. Biasanya untuk TV tabung lebih cepat dalam menangkap sinyal dari antena. Sedangkan untuk jenis TV LED biasanya memang cenderung lama untuk menangkap sinyal. Oleh karena itu, banyaknya TV LED lebih dominan memakai parabola yang otomatis mencari channel baik lokal maupun internasional. Namun apabila TV Anda jenis LED dan tidak ingin membeli parabola, Anda bisa membeli antena indoor. Tetapi tanyakan terlebih dahulu manakah antena yang cocok untuk TV LED.

  1. Pilih Antena Rotator

Dalam memudahkan mencari sinyal, kini sudah banyak munculnya antena rotator. Jika dulu Anda mencari sinyal repot dengan memutar-mutar dan berpindah tempat secara manual, kini sudah ada antena TV indoor yang dilengkapi dengan remot rotator yang bisa berputar-putar dibawah kendali Anda.

  1. Kabel Berkualitas Baik

Memilih antena TV indoor sebaiknya dengan kabel RG 6. Meskipun merk yang Anda pilih murah, namun pastikan pembungkus kabel memiliki pelindung yang rapih, kuat, dan aman. Terkadang ada antena yang susunan kabelnya tidak rapih dan pelindungnya sobek, sehingga beresiko untuk mengalami konslet atau tersengat listrik.

  1. Pendukung Sinyal

Keempat, tips memilih antena TV indoor sebaiknya ditambahkan alat pendukung yaitu alat penguat sinyal. Biasanya alat ini dinamakan signal booster. Signal booster ini bisa mempermudah kita untuk mencari sinyal tanpa adanya hambatan sehingga gambar dan suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dibandingkan TV tanpa signal booster.

  1. Perhatikan Cara Pemasangan

Kelima, dalam pemasangan antena ini harus diperhatikan komponen-komponennya. Salah satu komponennya yaitu dengan memeriksa main boardnya. Perangkat-perangkat antena yang sudah lengkap harus diperhatikan satu-satu apakah kabel-kabel tersusun rapi dan aman. Kemudian gunakan jepitan antena tersebut menggunakan sesuatu berbahan tembaga. Setelah semua telah sesuai prosedur, pasang antena TV indoor dan cek apakah sudah terpasang dengan tepat. Arahkan antena tersebut ke tempat yang tepat.

Itulah lima tips dalam memilih antena TV indoor yang tepat. Tidak hanya antena indoor mahal saja yang dijual di toko elektronik. Kini sudah banyak berbagai barang sejenis yang murah dan tidak kalah kualitasnya dengan yang mahal dan bermerk. Untuk pemasangannya, biasanya dalam pembelian antena sudah terpasang paket service pemasangan. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasang antena dan tinggal menikmati channel yang ada.