Tips Membersihkan Sofa di Rumah

Tips Membersihkan Sofa di RumahSalah satu furniture yang seringkali dilalaikan atau tidak diperhatikan yaitu sofa. Padahal sofa merupakan elemen penting dalam suatu rumah karena digunakan untuk menerima tamu atau duduk bersantai saat libur di sofa bersama dengan keluarga. Sofa yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap untuk seisi rumah. Selain itu, jika anda salah dalam membersihkan sofa anda akan menyebabkan sofa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu mencuci sofa yang tidak dikeringkan sampai kering akan menimbulkan bau apek pada seisi rumah. Bau yang tidak sedap ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti bau dari hewan peliharaan, air putih yang tumpah di sofa, bekas makanan yang menempel pada sofa atau bahkan keringat anda yang menempel pada sofa.

Sering kali sofa dibiarkan begitu saja hingga kotor dan berdebu, baru setelah itu anda akan memanggil jasa service sofa untuk membersihkan sofa anda secara keseluruhan. Jelas menunggu sofa anda hingga benar-benar kotor lalu dibersihkan merupakan perbuatan yang keliru. Jika dibiarkan lama-lama bau apek akan semakin sulit dihilangkan. Tentunya hal ini membuat ketidaknyamanan dalam rumah anda, belum lagi jika ada sanak saudara atau teman serta kerabat yang ingin bertamu. Tentu hal ini membuat rumah anda terlihat tidak nyaman karena bau yang tidak sedap.

Jika anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa service sofa atau membeli sofa baru, ada baiknya anda merawat dan membersihkan sofa anda demi kenyamanan serta keindahan sofa anda sendiri di rumah. Berikut beberapa tips membersihkan sofa di rumah yang bisa anda lakukan sendiri tanpa memerlukan tenaga tambahan.

Jemur di bawah matahari

Menjemur sofa di bawah terik matahari dapat mengurangi bau yang tidak sedap pada sofa anda. Lakukanlah sesering mungkin minimal 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Gunakanlah waktu luang anda di hari weekend untuk menjemur sofa anda. Tidak perlu seharian menjemur sofa anda. Biarkan beberapa jam maka bau tak sedap musnah. Beda halnya jika anda mencuci sofa, anda perllu mengeringkan sofa sampai sofa benar-benar kering. Jika tidak, bau apek akan menempel pada sofa anda dan tentunya bau ini sangat susah dihilangkan.

Sebarkan baking soda

Baking soda dinilai cukup efektif dalam menyerap bau pada sofa anda. Anda bisa menyebarkan baking soda pada permukaan sofa dan dibiarkan beberapa jam lalu bersihkan dengan vacum cleaner. Namun perlu diperhatikan, sebarkan sedikit dahulu ke sofa anda dan diamkan selama beberapa menit, jika tidak ada perubahan warna pada sofa anda lanjutkan dengan menyebar baking soda seluruh permukaan sofa. Jangan lupa sebarkan baking soda pada bagian-bagian yang tersembunyi atau sela-sela sofa agar bau terserap semua dan sofa anfa kembali bersih dari bau.

Gunakan cuka untuk bersihkan noda

Larutkan cuka dengan segelas air, lalu semprotkan ke permukaan sofa atau siram sebelambar kain dengan larutan cuka ini. Cuka berfungsi untuk menghilangkan bercak atau noda yang menempel pada sofa anda. Namun terlebih dahulu anda harus mengetes apakah bahan sofa anda cocok dengan cuka tersebut atau tidak. Caranya cukup mudah, digunakan sedikit cuka pada bagian kecil sofa yang tersembunyi sebelum pemakaian cuka ke seluruh permukaan. Hal ini tentu menghindari kecacatan pada sofa anfa apabila bahan sofa anda tidak cocok dengan cuka tersebut.

Menggunakan steam cleaner

Menghilangkan bau pada sofa bisa dilakukan dengan menggunakan steam cleaner. Hal ini tentu dilakukan oleh sang ahli. Namun bisa juga anda menggunakannya untuk pribadi. Jika anda ingin mencobanya sendiri juga bisa, pastikan anda melihat petunjuk penggunaan dan mengecek kembali apakah bahan sofa anda memungkinkan untuk dibersihkan dengan cara steam cleaner. Selain itu perhatikan beberapa jenis steam cleaner yang dijual di pasaran. Anda harus memastikan memilih jenis steam cleaner yang terbaik untuk sofa anda jika ingin hasil yang maksimal.

Taruh pewangi alami

Pewangi alami seperti biji kopi atau akar kayu wangi dapat anda gunakan sebagai pewangi alami untuk sofa anda di rumah. Taruhlah biji kopi atau akar kayu wangi di sela-sela sofa anda. Biarkan biji kopi atau akar kayu wangi tersebut di dalam sela-sela sofa anda untuk waktu yang lama. Pewangi alami ini bisa menghilangkan bau apek sekaligus membuat udara di rumah anda terasa segar. Anda bisa mencobanya di rumah.

Itu dia beberapa tips membersihkan sofa di rumah anda dengan mudah. Dengan cara yang mudah dan praktis tentu anda bisa mempraktekkannya di rumah.

Selamat mencoba!