Resep Telur Balado Pedas Asli

Telur adalah salah satu jenis bahan makanan yang sangat disukai. Harga telur juga cukup terjangkau dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat banyak. Kandungan protein yang ada pada telur memang bisa mengganti daging yang memiliki harga lebih mahal. Sangat banyak sekali olahan telur yang ada saat ini. Itu karena telur termasuk salah satu jenis makanan yang sangat mudah untuk diolah. Bahkan telur rebus saja sudah memiliki citarasa yang sangat enak. Salah satu jenis olahan telur yang paling banyak disukai adalah telur balado. Cara membuat makanan ini juga sangat mudah. Tanpa tunggu lama lagi akan kami jabarkan resep telur balado yang enak untuk anda.

Bahan bahan yang dibutuhkan

  • 6 butir telur ayam
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah besar
  • 6 buah cabai rawit (jika suka pedas gunakan lebih banyak)
  • Garam secukupnya
  • Mentega secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Daun bawang
  • 1 butir kemiri

 Resep Telur Balado Pedas Asli

Cara membuat telur balado

Penggunaan telur ayam pada resep telur balado kali ini memang bisa anda ganti dengan jenis telur lain. Jika anda suka dengan ukuran yang lebih besar maka anda bisa memilih telur bebek. Tetapi biasanya telur bebek memiliki bau yang lebih amis. Cara pembuatan telur balado yang detail simak dibawah ini.

  1. Panaskan panci dan masukkan air, rebus telur hingga matang
  2. Tunggu telur hingga dingin dan kupas telur hingga benar benar bersih
  3. Siapkan cobek dan masukkan bawang merah dan bumbu bumbu lain untuk anda ulek
  4. Ulek hingga benar benar lembut
  5. Siapkan wajan
  6. Masukkan mentega dan masukkan bumbu yang sudah anda ulek
  7. Tunggu hingga bumbu benar benar harum dan pastikan jangan sampai gosong
  8. Masukkan telur yang sudah anda kupas
  9. Ulek dengan bumbu dan jangan gunakan api besar
  10. Tunggu hingga bumbu sedikit meresap
  11. Tambahkan garam dan juga penyedap rasa
  12. Jika rasanya sudah pas maka anda bisa angkat wajan
  13. Sajikan dengan taburan bawang goreng

Selain telur balado ini masih banyak sekali sajian telur yang dapat anda kreasikan. Umumnya orang membuat telur balado dengan citarasa yang pedas. Padahal, anda bisa mengurangi level kepedasan dengan cara tidak memberikan cabai berlebihan. Salah satu ciri khas dari telur balado adalah bumbu yang pekat, jadi anda jangan sampai mengurangi jumlah bumbu hanya karena untuk hemat. Penambahan bahan makanan lain pada resep telur ini sangat bisa anda lakukan. Akan lebih baik jika anda mau menambahkan sayuran pada masakan ini agar nutrisi yang ada semakin sempurna. Telur balado akan sangat enak jika anda sajikan untuk makan siang karena rasa yang sedikit pedas pada masakan ini bisa menambah semangat anda.