Pelajari Kesehatan Kucing Lewat Bau Tubuhnya! Penting Lho! Ini Alasannya!

Kucing tercipta sebagai makhluk yang bersih. Itulah kenapa kita sering melihat ia membersihkan dirinya sendiri setiap waktu. Tanpa kenal jam maupun tempat. Sudah jadi pembersih gitu, kenapa masih bau? Mungkin itu pertanyaan yang banyak berputar-putar di kepala kita. Banyak yang bilang, alasan kucing bau itu karena tidak pernah mandi. Ada kok kucing yang sudah rajin mandi, tapi bau khasnya sering keluar.

Salah satu cara pelajari kesehatan kucing itu lewat bau tubuhnya. Dengan kata lain, bau tubuh kucing bisa menandakan ia sedang sakit atau sehat. Tapi sebelum melangkah begitu jauh, kita berkenalan dulu dengan alasan kenapa kucing mudah mengeluarkan bau yang tak sedap. Penasaran? Ini dia.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Saluran kencing milik kucing yang terinfeksi bisa menyebabkan ia mudah mengeluarkan bau tak sedap. Bukan air kencingnya yang bikin tubuhnya bau, tetapi bakteri penyebab infeksi. Kalau Anda mendapati kucing Anda terinfeksi dan menampilkan gejala tubuh yang aneh, segera saja pergi ke dokter hewan biar masalah cepat selesai.

  1. Radang Sendi

Biasanya kucing yang mengalami radang pada persendian tulangnya adalah yang sudah tua. Hal ini bisa menyulitkannya ketika mau bergerak atau membersihkan tubuh dengan lidahnya. Ditambah lagi kalau ia jarang dimandikan. Timbunan bau akan mudah keluar.

Hal yang paling penting adalah jangan pernah Anda memberikan obat-obatan terlalu sering. Kucing yang sudah tua bisa mudah terbunuh hanya karena kelebihan sedikit dosis obat. Untuk hal ini, lebih baik konsultasikan pada ahlinya.

Pelajari Kesehatan Kucing

  1. Kelebihan Berat Badan

Berat badan pada kucing yang berlebihan bisa bikin ia mudah bau. Hal ini tentu saja karena timbunan lemak yang tak wajar. Bau tubuh sangat dimungkinkan oleh meningkatnya produktivitas minyak pada permukaan kulitnya. Untuk itu, sering-seringlah timbang berat badan kucing Anda. Tapi kalau Anda betah dengan baunya, Anda tidak perlu mengikuti saran ini.

  1. Diare

Diare ini kayaknya jadi penyakit paling sering diderita kucing, ya. Rupanya penyakit ini juga bisa bikin kucing mudah mengeluarkan bau yang tak sedap, lho. Kenapa? Kita bisa dengan mudah menebaknya. Biasanya, kucing suka sekali menjilati seluruh bagian tubuhnya. Kalau ia saat itu lagi terkena diare dan terus mengulangi kebiasaannya, kira-kira apa yang akan terjadi? Bau menyebar? Tentu saja.

  1. Penyakit Kronis

Kucing yang terkena penyakit kronis secara drastis ia akan mengurangi frekuensi pembersihan tubuhnya. Mungkin perhatiannya di seputar bagaimana caranya ia lekas sembuh. Sebagai pemilik sekaligus pecinta kucing, tentu peran Anda sangat dibutuhkan saat-saat seperti itu. Bawalah ke dokter secara berkala sampai kucing Anda benar-benar sembuh.

Itulah penyebab bau tak sedap kucing mudah sekali keluar. Rupanya bukan gara-gara tidak pernah mandi saja, kan? 5 sebab di atas bisa bertambah banyak dengan seiring perubahan waktu dan tempat. Lalu, bagaimana caranya menjaga kucing dari bau tubuh yang tak sedap? Mungkin beberapa saran di bawah ini bisa Anda terapkan. Yang pasti, beberapa saran berupa poin ini sudah sering dilakukan oleh para pecinta kucing.

  • Menyikat Gigi Kucing secara Rutin

Gigi kucing yang sehat bisa meminimalisir bau tubuh, terutama ketika program pembersihan tubuh alami yang dilakukan oleh si kucing tengah berlangsung. Anda akan melihat hasilnya. Tapi hati-hati ketika menyikat giginya. Jangan sampai ia merasa tersinggung, nanti hasilnya tidak maksimal.

  • Sediakan Air Bersih buat Minum

Air kotor tidak bagus untuk perkembangan tubuh si kucing. Rutin-rutinlah setiap hari ketika Anda memberi ia makan, sediakan juga air minum yang bersih. Jangan sampai ia mencari pelepas dahaga sendiri. Siapa tahu ia pergi ke tempat-tempat perairan yang tidak tepat, seperti saluran pembuangan sampah, kakus, dan lain-lain.

  • Kunjungi Pusat Kesehatan secara Rutin

Siapa yang lebih tahu tentang kesehatan kucing daripada dokter hewan? Rasanya hampir tidak ada. Dengan rutin berkunjung ke pusat kesehatan, Anda akan mudah mengenali ketika misal kucing Anda terkena penyakit. Selain itu, Anda juga akan mudah mendapatkan tips-tips langsung dari dokter perihal merawat kucing kesayangan Anda.

Itulah kiranya beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang alasan kucing mudah mengeluarkan bau tak sedap, sekaligus beberapa solusinya. Dengan Anda pelajari kesehatan kucing lewat cara-cara di atas, tentunya bisa memudahkan Anda ketika mungkin mau berinteraksi dengan kucing kesayangan. Siap dipraktikkan?