Mengejutkan! 5 Fakta Unik Telepon Seluler Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Di era modern sekarang ini, telepon seluler bukan lagi menjadi barang mewah. Setiap orang yang kita temui saat ini sudah memiliki yang namanya telepon seluler. Hal ini dikarenakan penggunaannya lebih mudah dari telepon yang biasa kita temukan di rumah. Sebagai alat komunikasi, telepon seluler menjadi yang paling diminati karena bentuknya yang simpel dan mudah dibawa kemana saja. Selain itu telepon seluler juga sangat beragam dari berbagai merk dengan masing masing kelebihan dan banyak di berikan promo diskon di setiap pembeliannya terlebih yang di jual di Blanja.com. Bagi Anda yang belum tahu, ini dia beberapa fakta unik tentang telepon seluler.

  1. Penggunaan Kata “Seluler”

Telepon seluler atau yang sering disebut sebagai telepon genggam adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mana kegunaannya sama dengan telepon konvensional saluran tetap. Namun ada perbedaan yang mendasar yaitu tidak adanya kabel sehingga mudah untuk dibawa kemana saja atau dikatakan dengan istilah mobile.

Penggunaan kata “seluler” pada telepon seluler ini dikarenakan beberapa fakta mengatakan bahwa area yang dijangkau oleh servis telepon ini bergantung pada sebuah tower melalui partikel kecil atau cells yang terpisah-pisah. Untuk pertama kalinya kata “seluler” digunakan pada tahun 1977.

Telepon Seluler Terbaru

  1. Cara Kerja yang Unik

Teknologi seluler membagi sebuah wilayah kota menjadi sel-sel kecil dengan luas wilayah tertentu. Sistem canggih ini memungkinkan jangkauan frekuensi yang sungguh luas sehingga lebih dari jutaan orang dapat menggunakan telepon seluler mereka secara bersamaan.

Suara yang dihasilkan dari telepon seluler itu berawal dari ketika gagang telepon  diangkat, posisi ini disebut off hook. Kemudian sirkuit yang ada di dalamnya terbagi menjadi dua jalur yang mana kedua jalur ini akan memproses pesan dari pengirim untuk sampai ke penerima agar dapat menghasilkan suara.

  1. Ukuran dan Beban yang Semakin Diperbaharui Tiap Tahunnya

Telepon seluler pertama mempunyai beban yang cukup berat yaitu 2,4 pon atau 1,09 kg dengan berukuran 9 x 5 x 1,75 inci. Jika beban itu bertahan sampai sekarang, bisa dibayangkan berapa beban yang Anda bawa setiap hari dalam saku celana. Dibandingkan sekarang, vendor-vendor telepon seluler sudah meminimalisir dari segi beban dan ukurannya. Sehingga telepon seluler  saai ini lebih mudah untuk dibawa bepergian.

  1. Meberikan Efek Candu Bagi Penggunanya

Kebutuhan yang tinggi akan telepon seluler menjadikan masyarakat tidak bisa lepas dengannya. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan telepon seluler pintar atau smartphone yang dapat membantu serta memudahkan semua aktivitas sehari-hari. Di Amerika serikat pada tahun 2015, 46% pengguna smartphone dapat dikatakan tidak sanggup hidup tanpa sebuah telepon seluler.

  1. Negara Pengguna Terbanyak

Diperingkat pertama yaitu Amerika Serikat dengan jumlah pengguna mencapai sekitar 327,577,529 orang. Selanjutnya, Indonesia menjadi salah satu Negara yang penduduknya menggunakan telepon seluler terbanyak yaitu sekitar 310.866.000 orang. Seletalah Indonesia ada Jerman dengan jumlah penduduk yang menggunakan telepon seluler sekitar 81.882.324.

Kebutuhan akan komunikasi yang meningkat menjadikan telepon seluler banyak penggunanya. Bukan hanya mudah dibawa kemana saja namun juga bisa membantu pekerjaan sehari-hari seperti smartphone. So, itu dia beberapa fakta unik tentang telepon seluler yang mungkin belum Anda ketahui.