Mencari Tempat Pinjam Uang Yang Mudah? Pertimbangkan Dulu List Berikut

Kebutuhan datang silih berganti. Saat ada dana yang mencukupi, tentu pemenuhan kebutuhan bisa dilakukan dengan mudah. Tetapi, bagaimana jika kebutuhan datang di saat biaya tak terduga belum direncanakan? Hal yang bisa dilakukan adalah meminjam sejumlah uang. Namun, adakalanya meminjam uang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipeuhi mulai syarat administratif hingga menuju ke proses dan agunan. Lalu, dimanakah tempat pinjam uang yang mudah? Tentu ada tempat – tempat yang biasa dilupakan saat dalam kondisi panik. Sebelum itu terjadi, pertimbangkan dulu list berikut ini.

Mencari Tempat Pinjam Uang Yang Mudah

Jika pemohon hutang adalah karyawan kantoran atau pekerja di sebuah lembaga baik formal maupun non formal, pasti sistem penggajian dilakukan dengan penghitungan tertentu. Pada umumnya gaji diberikan pada awal bulan, sementara sebagian lainnya mendapat gaji secara mingguan atau harian. Apabila belum waktu gaji diterima, daripada berhutang sebaiknya lakukan kasbon. Kasbon adalah proses meminjam uang gaji dengan mengambilnya sebelum tanggal ketetapan. Meskipun tetap dianggap sebagai hutang, tetapi sistem pelunasannya akan jauh lebih mudah karena tinggal memakai sistem potong gaji. Jadi, sebenarnya tanpa disadari kantor adalah tempat pinjam uang yang mudah dan berada di urutan pertama. Dibanding tempat lainnya, kemungkinan untuk pinjaman diterima sangat besar.

Tempat pinjam uang yang mudah berikutnya adalah pegadaian. Di pegadaian, seseorang menjaminkan barang berharga dengan variasi yang cukup banyak. Sebagian orang menjaminkan BPKB kendaraan, sebagian yang lain menjaminkan alat elektronik, perhiasan, emas, atau benda – benda lain yang layak digadaikan. Resiko dari meminjam uang di pegadaian yaitu jika tidak bisa membayar maka barang akan dilelang. Namun, perlu digarisbawahi jika pihak pegadaian tidak pernah memaksa dengan melakukan pengancaman terhadap pihak pemohon. Dengan demikian meskipun merasa sedih karena kehilangan benda berharga tetapi pemohon tidak akan sampai merasa terancam atau terusik kenyamanan hidupnya. Siapa tahu, sebelum jatuh tempo barang bisa ditebus atau diperpanjang peminjamannya dengan membayar sejumlah bunga.

Jika pemohon hutang adalah seorang nasabah bank, maka permohonan kartu kredit tentu bisa membantu memenuhi kebutuhan. Kartu kredit memang menawarkan pinjaman dengan limit tertentu, tetapi pemohon bisa mencicil saat dananya sudah ada. Tidak hanya itu, layanan yang diberikan beberapa bank terhadap nasabah kartu kredit juga sangat fleksibel sehingga cicilan bisa cukup lama. Tentunya, tempat pinjam uang yang mudah bagi nasabah sebuah bank adalah bank itu sendiri. Di sana, seseorang akan bisa menemukan jawaban atas kebutuhan suplai dananya. Selain kartu kredit, beberapa jenis pinjaman lain juga dapat diajukan di bank. Yang penting, sebelum melakukan permohonan harus diketahui dulu segala informasinya.

Tempat pinjam uang yang mudah dan tidak kalah aman dari list sebelumnya yaitu koperasi. Salah satu prinsip koperasi adalah menyejahterakan anggotanya. Koperasi ada banyak jenisnya. Namun, jenis koperasi yang bisa sangat membantu pemohon adalah koperasi simpan pinjam. Biasanya, koperasi simpan pinjam akan memberikan sejumlah uang kepada anggota yang telah melakukan penyimpanan uang. Selain karena prosedur, kegiatan ini juga dilakukan supaya kehidupan roda perputaran uang di koperasi tetap terjadi. Dengan demikian, pemohon hutang telah memberikan tiga keuntungan saat meminjam di koperasi. Pertama, dana yang dibutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan bisa tersedia. Kedua, sistem sirkulasi uang di koperasi semakin lancar. Ketiga, aktifitas menyimpan dan meminjam juga bisa meningkatkan penerimaan Sisa Hasil Usaha (SHU).