Lakukan Hal Ini Sebelum Mengajukan KTA Agar Tidak Merasa Tertipu !!

Ketika kondisi keuangan sedang tidak bersahabat, sedangkan kebutuhan mendesak semakin meningkat. Meminjam uang merupakan salah satu solusi yang bisa memecahkan masalah ini. Pada saat sepert inilah kita bisa mengajukan KTA atau Kredit tanpa Agunan. KTA memiliki fasilitas pinjaman yang tidak mengharuskan para peminjamnya untuk menyerahkan Agunan atau barang berharga sebagai jaminan.

Meskipun terdengat cukup sedehana dengan proses dan persyaratan yang sangat mudah. Namun mengajukan KTA merupakan sesuatu yang perlu dipikirkan dengan matang. Hal ini akan memperngaruhi kondisi keuanganmu kedepan. Karena ada cicilan pada setiap bulannya yang harus kamu lunasi.

Untuk itu sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan KTA DBS, kamu perlu teliti dalam memilih dan menentukan produk pilihan. Tidak perlu sungkan atau segan untuk bertanya berkali – kali pada pihak bank untuk mengetahui semua informasi terkait pengajuan KTA. Untuk kamu yang berencana mengajukan KTA wajib kiranya untuk mempertanyakan hal ini pada pegawai bank :

Besaran Bunga

Cari tau berapa besar bunga yang akan dibebankan untuk produk KTA yang akan kamu ajukan. Hal ini akan menentukan besaran cicilan yang akan kamu dapati setiap bulannya. Umumnya besaran bunga akan ditetapkan berdasarkan jumlah pinjaman yang akan kamu ajukan. Semakin besar pinjaman, semakin kecil pula bunga yang dibebankan. Namun jangan lantas meminjam uang yang berlebihan diluar batas kemampuanmu.

Lakukan Hal Ini Sebelum Mengajukan KTA Agar Tidak Merasa Tertipu !!

Lama Cicilan

Umumnya tenor atau jangka waktu pinjam maksimum saat mengajukan KTA ialah 5 tahun atau 60 bulan. Hal ini cukup penting untuk kamu pertanyakan agar kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan keuanganmu. Apakah akan sanggup melunasi pinjaman yang kamu butuhkan dalam jangka waktu 5 tahun ? coba buat simulasinya terlebih dahulu.

Besar Dana Yang Kamu Terima

Meskipun pengajuan KTA dikabulkan, bukan bearti kamu akan menerima dana sesuai dengan yang kamu ajukan. Akan ada potongan biaya berupa provisi atau biaya admin. Biaya ini merupakan bukti bahwa KTA yang kamu ajukan dikabulkan. Umumnya besaran potongan berkisar 1% hingga 4%.

Denda Keterlambatan

Sangat penting untuk diketahui agar kamu disiplin saat membayar cicilan pinjaman kedepan. Biasanya, ketika kamu telat membayar cicilan pinjaman, bank akan memberikan denda keterlambatan dengan nominal tetap. Cari tau juga apakah durasi keterlambatan mempengaruh besaran denda.

Dengan mengetahui poin – poin pertanyaan diatas kamu akan lebih mengerti dan lebih bijak dalam memilik produk KTA yang akan kamu ajukan. Mengajukan KTA pun tidak lagi memberikan kesan penipuan ketika kamu sudah paam aturan mainnya.