Lakukan 5 Hal Ini Agar Dapur Minimalis Anda Tetap Bersih

Dapur adalah bagian rumah yang sangat penting, di mana menjadi tempat untuk memasak makanan dan minuman. Tentunya, peralatan masak juga tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, upayakan agar dapur terjaga kebersihannya setiap saat. Anda mungkin bertanya mengenai cara membuat dapur minimalis agar tetap bersih. Anda tak perlu khawatir. Kini, ada tips dapur bersih minimalis yang menjadikan ruangan tetap bersih, terhindar dari kuman terselip, dan nyaman dengan penataan yang baik.

  1. Menjaga Kebersihan Kompor

Kompor merupakan peralatan dapur yang utama. Tanpa kompor, tentunya tidak bisa memasak makanan dan minuman. Karena sangat penting, maka kompor harus terjaga kebersihannya, yaitu dengan membersihkan secara rutin setelah digunakan. Cara ini mampu mencegah bersarangnya kuman dan bakteri di area kompor, sehingga Anda dapat memasak dengan nyaman dan tenang.

  1. Perhatikan Kondisi Rak Penyimpanan

Mengingat ukuran dapur yang minimalis, sebaiknya Anda menyesuaikan ukuran rak penyimpanan. Gunakan rak yang berukuran sedang dan menarik, karena selain hemat tempat, keindahan dapur juga tercipta.

Selanjutnya, kebersihan rak penyimpanan juga jangan luput dari perhatian. Seluruh peralatan memasak, peralatan makan dan minum, serta bahan makanan dan minuman yang tersimpan dalam rak penyimpanan harus higienis. Jangan sampai rak menjadi berdebu. Anda dapat membersihkannya secara berkala. Cukup mudah, bukan?

Dapur Minimalis Anda Tetap Bersih

  1. Gunakan Peralatan Memasak yang Efektif

Dapur minimalis yang menyehatkan tentunya harus didesain sedemikian rupa. Salah satunya adalah menggunakan peralatan memasak yang efektif. Anda dapat menggunakan kitchen set minimalis, sehingga kompor, tempat pencucian, rak penirisan, serta rak penyimpanan dapat tergabung dalam satu tempat. Selain itu, pilihlah rak dan peralatan lain yang multiguna, seperti pisau serta blender multifungsi.

  1. Menjaga Kebersihan Peralatan Memasak

Dapur yang sehat adalah impian keluarga Anda, bukan? Langkah selanjutnya untuk merealisasikannya adalah dengan membersihkan seluruh peralatan memasak secara baik dan benar. Pastikan bahwa pisau, talenan, wajan, panci, serta peralatan memasak lainnya dalam kondisi bersih setelah digunakan. Dengan cara ini, maka dapur terhindar dari kuman dan bakteri yang kemungkinan bersarang di area penyimpanan peralatan memasak.

  1. Menjaga Kondisi Meja dan Lantai

Anda dapat menggunakan meja yang sesuai dengan ukuran ruangan dapur minimalis dan tentu harus menjaga kebersihannya. Selain komponen perlengkapan dapur tersebut, ada hal lain yang tak boleh dilewatkan, yaitu kebersihan pada lantai dapur. Jagalah kebersihannya dengan menyapu minimal dua kali sehari dan mengepel secara berkala.

Beragam tindakan tersebut mampu menjadikan dapur bersih minimalis impian Anda terealisasi. Selebihnya, akan tercipta dapur minimalis yang tampak rapi dan tentunya menyehatkan. Hidangan lezat dan higienis juga mampu Anda ciptakan dengan segenap kenyamanan saat memasaknya.