Ini Dia Trend Penggunaan Striping Motor untuk Variasi

Striping Motor untuk VariasiSepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bisa dilihat di jalan raya atau tempat parkir umum, jumlah kendaraan roda dua akan mendominasi. Banyaknya pengguna sepeda motor ini membuat satu varian dari merk tertentu dimiliki oleh banyak orang sehingga bisa tampak beberapa motor dengan seri dan warna yang sama terparkir dalam satu tempat parkir umum. Karena hal tersebut tak jarang membuat pemiliknya keliru dalam mengenali sepeda motornya sendiri jika tidak ada ciri lain yang bisa dijadikan pedoman misalnya stiker, helm dan nomor polisi. Namun bagi mereka yang lebih cerdik dan kreatif, hal tersebut bisa diatasi dengan pemberian striping motor yang menjadikan motor Anda akan tampak berbeda dengan versi awal pabrikannya.

Striping adalah bagian stiker yang ditempelkan pada bodi motor untuk mendapatkan gambar atau motif kendaraan sesuai dengan keinginan. Pabrikan motor sudah memberikan striping original seperti yang tertempel pada saat Anda membeli motor dalam keadaan baru. Meski bagus sayangnya versi original tersebut akan dimiliki oleh banyak orang sesuai dengan jumlah pembeli motor tersebut sehingga Anda akan mendapatkan motor yang sama persis dengan milik orang lain jika seri dan warna yang dipilih adalah sama. Tetapi jangan khawatir karena sekarang ini striping variasi sudah banyak diciptakan dengan ukuran yang sama persis sesuai aslinya sehingga bisa Anda gunakan untuk mengganti striping original untuk memberikan warna dan motif lain pada kendaraan.

Trend penggunaan striping untuk motor tidak hanya dilakukan pada satu merk kendaraan saja namun sudah banyak merk yang memiliki model striping sesuai dengan aslinya. Model striping motor sangat bervariasi contohnya:

  • Motif abstrak.
  • Film kartun anak.
  • Film barat.
  • Motif sport.
  • Motif permainan yang sedang trend.
  • Dsb.

Striping dijual bebas sehingga Anda bisa menemukannya di mana-mana seperti di pinggir jalan, di toko otomotif, di toko online, hingga bengkel yang melayani variasi motor. Namun meski dijual secara umum, tetapi pengaplikasiannya membutuhkan ketelatenan dan kerapian yang terkadang tidak dimiliki oleh pemula. Jika Anda ingin mengaplikasikannya pada motor, memang bisa dilakukan sendiri jika Anda yakin bisa. Tetapi sebelum itu harus diketahui jika striping tidak rapi atau keliru memasangnya akan berakibat fatal sehingga perlu membeli lagi yang baru. Untuk menghindarinya sebaiknya Anda mempercayakan pengaplikasiannya pada bengkel variasi yang telah berpengalaman dan bisa memberikan garansi atas jasa pengaplikasian striping.

Selain memberikan tampilan yang berbeda dengan motor lainnya, striping akan membuat motor Anda tampak unik sehingga bisa dikenali dengan mudah. meski fungsinya sama, namun striping dan stiker motor memiliki mekanisme yang berbeda karena striping sudah didesain dari pabrikan sedangkan stiker dibuat dari kertas polos yang memerlukan kreatifitas oleh penggunanya. Jika Anda kesulitan dalam menemukan ide motif apa yang akan digunakan untuk motor, sebaiknya langsung memilih striping saja sehingga Anda tinggal memilih dari design yang sudah ada.

Untuk mendapatkan striping motor yang awet dan berkualitas, sebaiknya memilih striping yang dibuat oleh produsen terpercaya. Kualitas bisa dilihat dari warna striping yang cerah dan sesuai dengan garis stiker sehingga tidak melebar yang nantinya menyulitkan ketika akan dipotong. Selain itu bahan yang digunakan juga sangat mempengaruhi kekuatan stiker apalagi ketika pengaplikasiannya. Bahan yang kuat akan bisa dilepas kembali meski sekali kemudian dipasang lagi ketika terjadi kesalahan pemasangan.