Harga Aki Motor Mahal bukan Jaminan Kualitasnya

Ketika seseorang ingin membeli suatu produk, harga seringkali dijadikan acuan terhadap kualitas dari produk tersebut termasuk ketika Anda ingin membeli aki, Anda mungkin memiliki pemikiran bahwa harga aki motor yang mahal akan memberikan kualitas yang terbaik pula. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Bagaimanapun ada banyak faktor yang mempengaruhi harga jual dari suatu barang termasuk juga aki motor. Sebagaimana yang diketahui bahwa aki merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil. Tanpa adanya aki maka kendaraan pun tak bisa melaju. Sedangkan aki sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu aki basah dan aki kering dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sebagian pengguna motor mungkin lumayan memahami mengapa harga aki motor kering lebih mahal dibandingkan dengan aki motor yang kering.

Aki Basah vs Kering, Mahal Dikit Tapi Awet

Pertimbangan Memilih Aki Motor yang Sesuai Kebutuhan Motor Anda

Aki motor memiliki peran yang sangat penting untuk menggerakkan laju motor terutama untuk memasok arus listrik ke semua komponen elektronik yang ada pada motor tersebut. bila aki tersebut mengalami kerusakan, maka sudah pasti komponen elektronik yang ada pada motor juga akan terganggu. Dibandingkan dengan aki motor kering, aki motor basah lebih mudah rusak sehingga perawatan rutin sangat diperlukan. Namun harga aki motor basah ini juga lebih murah dibandingkan aki motor yang kering. Selain membandingkan harga kedua jenis aki, ketersediaan berbagai merk dan kualitas aki juga turut berpengaruh terhadap harga aki motor tersebut. Jadi, Anda sebaiknya tidak selalu memiliki anggapan bahwa aki motor yang mahal memiliki kualitas yang baik pula. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya selalu benar meskipun memang produk dengan kualitas bagus memiliki harga yang lebih tinggi.

Sebelum Anda mencari informasi tentang harga aki motor terbaru, Anda mungkin sebaiknya memahami perbedaan aki basah dan aki kering untuk motor. Aki basah menggunakan elektroda dalam bentuk cair sedangkan aki kering berbentuk gel. Karena berbentuk cairan, elektroda dalam aki basah mudah sekali menguap dan habis. Hal ini berbeda dengan aki kering yang berbentuk gel yang mana ketika menguap akan kembali diubah menjadi gel sehingga keawetan juga akan lebih tinggi. Dengan perawatan yang benar sebenarnya aki basah mampu tahan lebih lama dibandingkan dengan aki kering. Namun demikian, kebanyakan orang malas untuk pergi ke bengkel guna mendapatkan perawatan aki mereka secara rutin. Ketika cairan elektroda pada aki basah habis bisa dengan mudah diisi ulang. Hal ini akan berbeda dengan aki kering yang harus mengganti elektroda tersebut.

Setelah mengetahui perbedaan, Anda pastinya memiliki gambaran tentang kedua jenis aki motor tersebut. Saat Anda akan membeli aki motor, Anda sebaiknya menyesuaikan dengan tipe serta jenis aki yang sesuai dengan motor Anda. Selain itu, Anda sebaiknya juga memperhatikan tanggal produksi aki tersebut. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih aki dengan usia produksi di bawah enam bulan. Anda sebaiknya juga tak lupa untuk memeriksa ukuran volatge pada aki tersebut sebelum dipasang yaitu pada angka minimal 12,6 atau maksimal 12,8. Terkait masalah harga aki motor, Anda bisa menanyakan merk serta jenis yang memang direkomendasikan kepada bengkel motor kepercayaan Anda.