Cara Merawat Tempat Cuci Piring Stainless yang Benar

Salah satu peralatan penting yang harus ada pada setiap dapur adalah tempat cuci piring atau biasanya disebut dengan bowl sink. Tempat cuci piring ini pun telah mengalami banyak perkembangan dari segi desain dan bahan yang digunakan. Jenis tempat cuci piring yang sering digunakan zaman sekarang adalah tempat cuci piring stainless. Bahan stainless memang dirasa sangat pas untuk wastafel Anda.

Dibalik berbagai macam kegunaanya, tempat cuci piring ini ternyata dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri jika tidak dirawat dengan benar setiap harinya. Tak ingin Anda dan keluarga selalu terancam penyakit, untuk itu kami hadirkan informasi mengenai cara merawat tempat cuci piring stainless yang benar.

  • Jangan Membuang Sisa Makanan di Bak Cuci Piring

Membuang sisa makanan di bak cuci piring merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan wastafel Anda didiami kuman dan bakteri. Selain itu, pembuangan sisa makanan langsung ke bak cuci piring juga dapat menyebabkan bak mudah tersumbat dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membuang sisa makanan terlebih dahulu ke tempat sampah lalu mencui piring kotornya.

  • Pasang Saringan Pada Lubang Pembuangan

Anda harus memasang saringan pada lubang pembuangan untuk menghindari penyumbatan pada pipa. Jika tidak, maka sisa makanan akan terbawa dan menyumbat pipa. Selain itu, Anda juga harus membersihkan saringan tersebut setelah mencuci piring agar segala sisa makanan yang tersaring tidak mengalami pembuskan yang dapat menjadi tempat empuk untuk kuman.

  • Bersihkan Bak Cuci Setiap Hari

Cara utama untuk merawan tempat cuci piring stainless Anda adalah dengan membersihkannya setiap hari sesegera setelah mencuci. Cara membersihkan bak cuci ini juga tidak sulit. Ada beberapa bahan yang dipercaya sebagai bahan terbaik untuk membersihkan tempat cuci piring Anda yaitu dengan campuran baking soda dan air, minyak zaitun bahkan cuka. Jika Anda tidak mau repot-repot membuatnya, Anda juga bisa membersihkannya secara efektif dengan cairan pencuci piring yang paling ampuh membersihkan noda.Cara Merawat Tempat Cuci Piring Stainless yang Benar

  • Keringkan Tempat Cuci Piring

Kondisi bak cuci yang basah dan lembab akan menjadi lokasi paling pas untuk pertumbuhan kuman dan bakteri. Oleh karena itu, membersihkan tempat cuci piring setelah mencuci saja tidak cukup, melainkan Anda juga harus mengeringkannya setelah digunakan. Anda hanya perlu menggunakan lap bersih atau kanebo untuk mengeringkannya. Lakukan hal ini setiap kali Anda selesai mencuci piring baik dalam jumlah banyak maupun sedikit.

Demikianlah cara merawat tempat cuci piring berbahan stainless yang benar. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, maka tempat cuci piring Anda akan selalu bersih, terhindar dari kuman penyakit dan awet.