7 Fakta Unik tentang Gunung Mokattam yang Sering Diperbincangkan Orang

Gunung MokattamGunung Mokattam adalah gunung yang terkenal dengan sejarahnya yang luar biasa di kalangan umat Kristiani. Gunung ini sendiri terletak di bagian timur Cairo, Mesir. Saat Anda berkunjung ke Cairo, sempatkanlah untuk berwisata mengunjungi gunung ini. Inilah beberapa fakta unik yang sering menjadi perbincangan orang mengenai gunung ini.

  1. Berpindah Sejauh 3 Km

Gunung ini menyimpan sejarah besar bagi umat Kristen. Sejarah ini bermula dari Al-Muizz Khalifa yang meminta pembuktian suatu ayat dalam Injil kepada Paus Abraam untuk memindahkan sebuah gunung. Gunung Mokattam dapat berpindah sejauh 3 Km setelah Paus Abraam dan para pengikutnya mengumandangkan lagu Kyre Eleison.

  1. Gereja Sampah di Dalam Gua

Mengapa disebut Gereja Sampah? Karena lokasi gereja ini berada di dekat wilayah tempat penumpukan sampah. Nama asli Gereja ini adalah Gereja Saint Simon Tanner. Gereja ini menjadi salah satu Gereja terbesar di timur tengah, yang dapat menampung kapasitas sebesar dua puluh ribu orang.

  1. Gua yang Terbentuk Karena Gempa Bumi

Gunung Mokattam memiliki gua yang berada di salah satu bagiannya. Gua ini terbentuk sendiri secara alami tanpa campur tangan manusia. Dikabarkan setelah gunung tersebut berpindah sejauh 3 km, terjadi sebuah gempa bumi. Gempa bumi ini yang menjadi cikal bakal terbentuknya gua tersebut di dalam Gunung.

  1. Alasan Khalifa Pindah ke Padang Gurun

Sejarah berpindahnya Gunung Mokattam, tak lepas dari seorang Khalifa yang awalnya ingin membuktikan kebenaran suatu ayat di dalam kitab Injil. Dikabarkan setelah ia begitu takjub dengan pindahnya gunung tersebut, ia kemudian melakukan pembaptisan dan menganut agama kristen, kemudian pindah ke padang gurun.

  1. Sejarah Nama Gereja Sant Simon

Dulu penduduk wilayah Gunung Mokattam tidak terlalu mengerti dengan ajaran Kristen. Hingga datang seorang dari Sugra bernama Simon Abraam, yang mengajarkan ajaran kristen kepada mereka. Kemudian Di tahun 1980 dibuatlah Gereja dengan melibatkan namanya untuk mengenang segala pengabdiannya.

  1. Lokasi Gunung Mokattam

Lokasi Gunung Mokattam dan Gereja Sant Simon berada di lokasi perkampungan yang lumayan kumuh. Terdapat wilayah yang khusus digunakan untuk penumpukan sampah, hal ini yang menyebabkan Gereja tersebut dikenal dengan nama Gereja Sampah. Sebagian penduduk juga bekerja sebagai pengumpul sampah.

  1. Kesan Saat Bekunjung ke Gereja Saint Simon

Banyak yang mengeluh dengan bau sampah yang menyertai perjalanan beberapa orang menuju Gereja Saint Simon. Anda bisa melakukan perjalanan dengan memakai kendaraan umum. Namun banyak orang yang mengakui, setelah sampai di sana bau tersebut hilang dan terganti dengan keindahan Gereja ini.

Untuk pengalaman yang tak terlupakan saat berwisata ke Cairo, alangkah baiknya Anda mengunjungi tempat ini. Selain berwisata Anda juga dapat melihat salah satu tempat bersejarah yang ada di Mesir, seperti Gunung Mokattam. Anda dapat memilih INSIGHT Tour sebagai teman perjalanan karena agen wisata terpercaya ini juga memiliki paket tour ke Cairo khusus bagi Anda.